Warung Bebas TV Streaming

    Kamis, 08 November 2012

    Teknologi Masa Depan Daihatsu

    Ini Dia Teknologi Masa Depan Daihatsu

    Ini Dia Teknologi Masa Depan Daihatsu
    01 October 2012
    Daihatsu adalah produsen mobil Jepang  yang terkenal dengan konsumsi BBM yang irit. Mobil-mobil terbaru mereka terutama yang masuk kategori mobil kecil memiliki angka konsumsi BBM irit sebut saja Mira:eS, Tanto dan Move.

    Ke depannya Daihatsu akan menerapkan teknologi hijau masa depan Daihatsu dengan teknologi Eco-Idle dan i-EGR. Sistem Eco-Idle memungkinkan mobil Daihatsu untuk mengatur hidup mati mesin secara otomatis untuk mencapai efisiensi BBM. Contohnya dengan Eco-Idle, mesin mobil akan mati dengan dirinya sendiri jika kecepatan kendaraan di bawah 7 km/jam. Sementara sistem i-EGR menghasilkan pembakaran sempurna dan meminimalkan emisi gas CO2.

    Teknologi Daihatsu mendatang akan menggunakan komponen yang lebih sedikit, sehingga bisa mengurangi friksi yang terjadi pada bagian mesin. Dan hal ini juga bisa mengurangi low press di mesin, sehingga akan memaksimalkan bahan bakar menjadi lebih effisien, pembakaran yang sempurna dan meminimalkan CO2 yang akan keluar. Namun tenaga mesin akan tetap optimal dan panas mesin akan berkurang(i-EGR).

    Setelah menerapkan sistem i-EGR dan eco Idle, tahap kedua dari teknologi masa depan Daihatsu untuk membuat kendaraan makin irit adalah pengurangan jumlah silinder mesin.

    Demi mendapatkan hasil yang sempurna dalam menghemat bahan bakar. Daihatsu akan mengubah mesin 3 silinder menjadi mesin 2 silinder Turbocharged Direct Injection.

    Nantinya Daihatsu akan mengalihkan mesin 3 silinder menjadi mesin 2 silinder turbocharged, dan kami akan menggunakan komponen yang lebih sedikit sehingga lebih ringan. Mesin yang akan digunakan tidak akan menggunakan logam biasa tetapi akan menggunakan logam mulia. Sehingga hal inilah yang membuat Daihatsu menjadi lebih irit 30 persen.

    Selain itu Daihatsu juga akan menjalankan 'active ignition system' dan berbagai improvement lainnya, sehingga effisiensi bahan bakar bisa mencapai 30 persen lebih irit. Namun tidak menghilangkan performa.

    Daihatsu juga menargetkan untuk bisa berlari hingga 35km/liter. Dengan memberikan teknologi pengapian yang tepat. Seperti dengan memberikan percikan bunga api multiplex dengan sistem pengapian aktif. Dimana pengapian akan diselaraskan dengan performa, bila mobil dalam kecepatan rendah api yang keluar itu kecil. Dan bila kendaraan ingin melaju dengan kecepatan tinggi, maka secara otomatis api yang keluar akan besar. Selain itu Daihatsu juga akan menggunakan baterai dan sistem penyimpanan kelistrikan yang lebih besar. Dan hal inilah yang bisa mewujudkan untuk Daihatsu dapat mencapai 35km/liter.

    Lalu apalagi rahasia Daihatsu yang bisa mewujudkan kendaraan yang sangat irit di masa depan? Berikut bocorannya

    1. Evolusi mesin

    • Meningkatkan efisiensi pembakaran dari 10,5-11,3.
    • Menggabungkan Sistem i-EGR dengan sistem EGR konvensional bersama sistem kontrol pembakaran arus ion yang pertama didunia.
    • Daihatsu akan mewujudkan BBM yang diatomisasi melalui injektor mempermudah proses pembakaran.
    • Daihatsu berupaya meningkatkan efisiensi transmisi daya melalui CVT.
    • Daihatsu pun akan mengurangi beban pada mesin, dengan ratio roda gigi yang dioptimalkan.
    2. Evolusi body mobil

    • Mengurangi berat hingga 60 kg, dengan mengganti penguat body dengan bahan plastik. Yang misalnya terdapat di dalam panel pintu.
    • Mengurangi bobot CVT.
    • Meningkatkan efisiensi BBM hingga 3 persen, dengan memaksimalkan arah terpaan angin.
    • Daihatsu juga akan mengubah bentuk dan kemasan body mobil (minimal berkurang 10kg).

    Sumber: DetikOto

    0 komentar:

    Posting Komentar